Welcome ^_^

Merawat Guitar Akustik


Klasifikasi gitar akustik secara umum dibagi dua macam. Akustik klasik dengan dawai nilon dan akustik folk dengan dawai metal atau string. Berikut cara perawatan gitar akustik klasik dengan metode tutorial dari John Mills.

1. Bagian terpenting cara perawatan gitar akustik klasik adalah cara anda menempatkannya saat tidak dimainkan. Pastikan tempat yang benar-benar aman. Sering kali penempatan gitar bersandar pada kursi, bukanlah cara yang aman. Disarankan agar anda menggunakan guitar stand. Atau kalau terpaksa harus digantung pastikan penggantung dan posisi gitar tidak luput dari perhatian anda.

2. Jika memiliki gitar konser seperti Yamaha Handcraft, Roger Sadowsky, atau Rodriguez, tentunya anda akan menggunakan hard case. Saat mengeluarkan gitar dari dalam hard case, pastikan penutup hard case tersebut telah berada dalam posisi steady yang mantap. Sering terjadi saat mengeluarkan gitar, penutup hard case tiba-tiba menutup dan membentur permukaan bodi gitar. Front body (surface atau permukaan) adalah bagian yang mudah cacat dari gitar akustik klasik.


3. Pakailah lap yang tidak menggores saat menggosok atau memoles gitar. Perlu diingat gitar bukan furniture yang dapat dipelitur. Hati-hati dalam memilih cairan pemoles.


4. Pilih pemoles khusus gitar. Yang paling aman adalah pemoles bermerek. Perusahaan gitar ternama seperti Yamaha dan Fender memproduksi cairan pemoles guitar polis.


5. Dalam musik gitar klasik sering terdapat repertoire yang mengharuskan pemain gitar merubah tala dawainya ditengah permainan. Maka setidaknya dalam 6 atau 8 bulan sekali bagian tuning machine perlu diberi pelumas. Yang penting selalu dibersihkan bekas pelumas agar tidak meninggalkan flek pada metal penyangga tuning machine.


6. Posisi fret dapat melengkung seiring dengan waktu dan jam latihan anda. Jika anda berlatih 1 sampai 2 jam sehari, fret gitar bisa bertahan hingga 2 tahun.


7. Gitar akustik klasik selalu menggunakan dawai nylon. Jangan pernah selalipun menggunakan dawai metal folk. Karena dapat merusak nut dan bridge gitar. Dawai nylon Low tension untuk suara dan petikan yang lembut, High tension untuk suara dan karakter petikan yang keras dan besar.


8. Selalu bersihkan dawai gitar anda. Awet tidaknya dawai juga bergantung dari ada tidaknya debu yang melekat.

Sekian, mungkin tips ini dapat membantu rekan gitaris dalam merawat gitar anda.


0 komentar:

TOKO-KU

Produk Guitar & Bass

Bahan Baku/Materials

All Guitar Website

THE JAVA GUITAR

Loading...

NEW !!!

Lesson Joe Satriani

Loading...

Lesson Paul Gilbert

Loading...

Visitors Blog

free counters

Toko BAGUS / OLX

THE JAVA MUSIC STORE - Surabaya | Tokopedia

THE JAVA MUSIC STORE - Surabaya | Tokopedia: Belanja online aman dan nyaman dari THE JAVA MUSIC STORE - The Best Price Music Store

Translate

Google+ Followers

FACEBOOK + PAGE

>

Jadwal Sholat

MESIN PENCARI / SEARCH

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Search Webs

Pengunjung Website

Pengikut

Lesson Yngwie Malmsteen

Loading...

Lesson Steve Vai

Loading...